Monday, November 14, 2016

Soal Nama Nusantara

Harian Suara Merdeka tanggal 14 November 2016




Acara Kick Andy 4 April 2014 menayangkan nara sumber seorang Doktor Ahli Metafisika bernama Dr Arkand.Disiplin ilmunya mempelajari struktur nama .Dan ternyata dikisahkan oleh pelatih PSSI U 19 Indra Sjafrie, saat Juara tidak lepas dari sentuhan Dr Arkand.
Testimoni juga disampaikan beberapa pesohor yang mendapat manfaat dari penerapan ilmunya.Di penghujung acara,Dr Arkand menyatakan harapannya agar Nama Negara Kita bisa kembali ke NUSANTARA.Dari ilmu yang dipelajari, struktur nama NUSANTARA lebih baik dari (struktur nama)Indonesia.
Ternyata, banyak Negara yang berganti nama.Kamboja-Khmer,Burma –Myanmar,Timor Timur-Timor Leste.Tak terbatas di ASEAN (Rhodesia-Zimbabwe dll). 
Buku pelajaran sejarah SMP di Bab Sejarah Nasional ada uraian Kerajaan di Nusantara dan Raja2nya. Kutai,Tarumanegara,Sriwijaya,Kediri, Bali,Singasari ,Majapahit dll.Sampai abad ke 16,VOC datang berusaha melemahkan dan menghancurkan  kejayaan Nusantara dengan  melakukan adu domba melalui politik devide et impera dan mengganti namanya jadi Hindia Belanda. Soempah Pemoeda 28 Oktober 1928(3 abad kemudian).Oleh generasi saat itu ,kata Indonesia  didengungkan sebagai alat pemersatu. Kenapa tidak Nusantara?Mungkin karena saat itu masih dijajah.
Di alam kemerdekaan,sebagai awam,tetap akrab dengan kata Nusantara.Koesplus melahirkan serial lagu berjudul  Nusantara 1 sd 9. Kapal Phinisi Nusantara petunjuk sejarah nenek moyang kita yang pelaut. SMA Taruna Nusantara –Magelang, Salah satu SMA Favorit di Indonesia. Lagu Nusantara(juga,kolam susu)layak dianggap lagu sepanjang masa.Pas dihati untuk didengar kapan saja,siapa saja,dimana saja.Hasil penghayatan sepenuh hati,tercetus dalam lantunan  musik dan untaian kata sederhana, namun mewakili batin dalam menggambarkan seutuhnya sebagai jamrud katulistiwa.
Kata-kata Nusantara semakin terasa tuahnya saat Host Bondan Winarno sukses mengangkat kuliner  domestik melalui acara berjudul Kuliner Nusantara.
Facta-facta ini sepertinya melengkapi  ide Dr Arkand  yang mengusulkan negara kita kembali dengan nama Nusantara.


(Purnomo Iman Santoso-EI),
Villa Aster II Blok G no. 10,
Srondol, Semarang 50268
 

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home